CARI SEKOLAH ANAK ITU SUSAH MAK

by - July 29, 2019





  • Ngapain nyari sekolah dari sekarang? kan Uta masih umur 2 tahun..
  • Uta mau sekolah dini ya? hati-hati loh nanti bosen..
  • Kalo TK & SD mah ngapain sih sekolah yang mahal-mahal?
  • Ada tes masuknya?itu SD apa Kuliah ?
  • endebrai....endebrai...endebrai...


Saya yakin ketika saya up tentang pencarian sekolah untuk Uta ke lingkungan terdekat saya pasti mereka akan komentar kayak di atas. Awalnya saya juga mikir "ngapain sih nyari TK aja yg bagus dan mahal, yang penting mah didampingin di rumah setelah selesai sekolah, TK di deket rumah aja juga ok". Tapi setelah saya blog walking iseng-iseng nyari tentang sekolah yang katanya bagus didaerah saya, dari kurrikulum yang mereka pake dan metode belajarnya yang tadinya saya ga pernah tau, saya jadi tergiur donk untuk sekolahin anak disana. Ditambah nanti pas jamannya anak saya sudah memasuki dunia kerja, pasti kualitas nya lebih bagus, lah wong sekarang aja anak-anak dibawah saya yang baru lulus kuliah kayaknya kualitas dirinya jauh dari pada anak-anak jaman saya. 
Tapi pasti ada harga ada kualitas, kalo saya mau sekolahin anak saya di tempat yang sesuai visi dan misi saya, ya kita harus nabung lebih banyak, jajan lebih sedikit..kraaii..
Tips dari saya untuk ibu-ibu yang mau menyekolahkan anak di sekolah yang terbilang berbiaya besar yaitu :
1. sesuaikan dengan budget, kalaupun emang udah ada sekolah inceran dan out of budget, nabung dari anak masih bayi atau lebih extreme lagi nabung semenjak tau kamu hamil.
2. Dateng langsung ke sekolah inceran bareng anak, jadi biar anak yang tentuin mana sekolah yang dia rasa nyaman, karena kalo saya lebih milih sekolah tk yang ada SD nya juga, jadi kebayang donk harus 8 tahun sekolah disana kalo ga nyamankan malah sia-sia.
3. Kembalikan ke anak. Saya mau sekolah begini begitu, eh tapi si anaknya ga mau gimana donk. Kita juga ga boleh egois sama anak, karena kita hanya sebagai fasilitator dan anak yang yang menentukan hidupnya dia sendiri.




Kriteria sekolah saya tuh :
1. Pendidikan agamanya kuat
2. Billingual. Walaupun agamanya kuat saya juga mau Uta bisa bersaing nanti di dunia kerja. 
3. Minimal Ada jenjang TK dan SD nya.
4. Fasilitas lengkap, jadi kalo ada kegiatan kayak renang atau futsal ga perlu keluar sekolah.
5. Biayanya masuk budget pendidikan kami.
6. Jarak ga terlalu jauh dari rumah, sekitaran tanerang Selatan (Pamulang, Pondok Cabe, Ciputat, BSD)
Itu dulu deh, nanti kalo ada kriteria lain saya akan update.

Setelah berminggu-minggu ini rutin blog walking akhirnya mengerucut ke 3 sekolah yaitu :

1. Mumtaza Islamic school

Jl. Kayu Manis / Lereng RT 05/02 No.1 

Pondok Cabe Udik-Tangerang Selatan 

Banten 15417


Sampai saat ini MIS adalah sekolah incaran emak nomor 1 karena memakai kurikulum Cambridge dan Tahfiz Quran, dan fasilitasnya lengkap, gimana emak ga ngiler coba?

Hanya setelah sekian ribu purnama blogwalking tentang MIS, ga terlalu banyak yang membahas sekolah ini. Ditambah jaraknya sekitar 7 km dari rumah, lumayan jauh juga untuk seukuran TK.
Ini bebrapa pertimbangan saya kenapa saya mau Uta sekolah di MIS :
1. Sekolah billingual untuk kelas 1 dan 2 SD, dan kelas 3 SD udah full english
2. TK target hafiz quran juz 30, dan SD target hafiz quran 5 juz.

ini estimasi biaya TK yang saya dapet dari hasil blogwalking 




Biaya SD
2. Ar Raudhah BSD

Jl. Rawabuntu Utara Blok H-1 no 01 Sektor 1-4 BSD

Ini pilihan calon sekolah Uta yang kedua. Kurikulumnyapun sudah billingual dan ada tahfiznya.
Menurut link yang saya dapet, dibawah ini adalah rincian biaya nya :
Formulir Rp 350.000
Uang pangkal Rp 10.000.000
KBM Rp 2.500.000
SPP Rp 600.000 / bulan
Total sekitar 1 tahun Rp 20.050.000

3. Al-Fath BSD

BSD BSD Sektor XIV,
Jl. Letjen Sutojo, Blok C1/ No. 1,
Tangerang
Telp 53157586 / 5389531

Kalo sekolah Al-Fath ini di webnya udah ada informasi biaya, jadi lebih enak bagi emak-emak yang harus ngumpulin dulu uang sekolahnya jauh seblum anak itu mulai sekolah dengan catatan akan ada kenaikan sebesar 10% - 20% tiap tahunnya.

Sekolah ini bisa dibilang salah satu sekolah populer di kalangan ibu-ibu dunia maya yang tinggal di tangerang selatan. Katanya tiap tahun yang daftar disekolah ini selalu melebihi kuota, kayaknya mau masuk tk udah kayak mau masuk kuliah aja.

point plus sekolah ini yaitu :
1. Kurikulumnya billingual
2. Sekolah berbasis islami
3. Fasilitas lengkap

Point minusnya :
1. Murid perempuan tidak diwajibkan pake kerudung





Untuk saat ini kaykanya baru segini dulu informasi yang saya dapet, karena saya belum survey langsung ke sekolahnya, jadi belum banyak pilihan sih. 
Cuma ada beberapa kandidat sekolah lagi yang saya tertarik yaitu Auliya dan Global islamic school. nanti akan saya update lagi tiap perkembangannya.

Saya juga udah bikin list excel summary biaya TK untuk sekolah inceran saya. Untuk besaran biayanya sekali lagi saya baru dapet informasi dari blogwalking ya, seenggaknya udah ada gambaran berapa biaya yang harus saya kumpulin untuk sekolah Uta.
























You May Also Like

2 komentar

  1. cari sekolah buat anak ternyata mmg bisa jd rumit ya. pengalaman saya, saat "menggampangkan", akhirnya ketika ga cocok jd harus memindahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, kalo udah begitu malah keluar biaya tambahan.. semoga di sekolahnya yang sekarang betah ya mba anaknya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...