Trip to Yogyakarta : 5 hari 4 malam dengan bayi MPASI

by - November 15, 2017

Yes sesuai judulnya saya akan cerita tentang jalan-jalan saya (si Emake), Bapake dan Uta ke Yogya. Kita berangkat dari jakarta hari Jum'at tanggal 13 Oktober 2017, penerbangan jam 17.00, jadi abis Bapake solat Jum'at kita langsung cuss ke bandara.
Pas sampe dibandara sekitar jam 14.30, kita makan dulu sekalian nyuapin Uta biar ga cranky di pesawat. Selama di ruang tunggu sih Uta itu jadi anak baik, main sama mainannya, anteng, ga kepo,pokoknya sampe naik pesawat dia masih oke, masih baca-baca buku panduan.

Uta sok-sok an baca buku petunjuk keselamatan 😊
Ketika pesawat mau take off disinilah bencana datang..haha.. Jadi si anak ini tetiba pasang muka ngeden sampe merah, ya udahlah emake sama bapake panik, dia udah nangis mau BAB tapi keras,,huhu,, dan kita salahnya pilih penerbangan di jam Uta mau tidur, jadi makin lah cranky kayak chucky. Jadi lebih baik kalo bawa bayi pilih penerbangan di jam mereka tidur, kayak penerbangan pulang saya dari Yogya ke Jakarta blas disepanjang penerbangan si Uta tidur.

Pas sampe di bandara Adi Sucipto Yogyakarta, kita langsung di serbu sama supir taksi di sana, dengan penawaran dari Bandara ke hotel kita yang sekitar 30 menit perjalanan dari bandara di hargai Rp 100.000. saya sempet bimbang mau pake taksi atau ga, dan saya sempet cek perbandingan harga lewat taksi online, dan ternyata bedanya jauh banget, kalo taksi online saya bayar cuma Rp 30.000.
Dengan pertimbangan ala emak irit dan pelit, saya jelas milih taksi online walaupun kita harus jalan jauuuhh banget, mana sempet nyasar lah. Untuk info aja, orang Yogya itu ternyata jago dalam hal arah mata angin, jadi panduan mereka ya arah timur,barat,utara,selatan. Sedangkan saya yang buka google maps aja masih nyasar apalagi di kasih tau arah mata angin?? dan itu sukses buat kita bertiga muter-muter sekitaran parkiran 😭

Saya nginep di hotel Arizon, hotel bintang 2 yang lumayan enak lah untuk bawa bayi. Saya dapet harga sekitar Rp 300.000/malam, tapi karena da promo jadi saya bayar total Rp 1.092.000/4 malam. lumayan enak dan nyaman untuk keluarga yang bawa bayi. sayangnya ga sempet foto karena setiap sampe hotel bawaannya udah capek dan batre kamera selalu mati.

Saya sampe hotel sekitar jam 21.00, dan abis kita check-in, kita langsung pergi cari makan, nah disana banyak becak motor yang siap anter kita kemana aja, tarifnya lumayan murah sekita Rp 10.000 udah keliling ditambah dianterin ke tempat oleh-oleh.

Tujuan Bapake dari hari pertama sampe hari terakhir ke Malioboro terus, kadang saya jadi bingung knp setiap hari tuh harus absen ke Malioboro, malem ke Maliobor, trus pagi pun ke Malioboro, pulang dari jalan-jalan ke Malioboro lagi 🙈

Jadi Bapake minta anterin abang becaknya ke Malioboro sekalian cari makan malam. Nah kita di ajak ke Ayam mercon ga jauh dari sana. Rasanya enak, untuk yang suka pedes okelah, bisa nambah nasi sepuasnya..haha..

Ayam mercon

Selesai makan, saya langsung ke malioboro dan foto-foto disana. Si Uta udah ga bangun-bangun lagi keenakan bobo sambil di gendong.

Suasana malam di Malioboro

Hari ke 2

Tujuan kami dihari kedua ini ke candi Prambanan. Sebelum ke Yogya, saya sempet bilang ke Bapake kalo kita jelajahin yang mainstream aja, secara bawa Uta takutnya dia kecapean. Saya ke Prambanan naik motor dengan harga sewa Rp 80.000/24 jam. Ternyata jarak antara Hotel ke Prambanan itu jauh banget, ditambah cuacanya lagi ga bersahabat, sebentar panas banget, terus tiba-tiba ujan lokal. Saya sempet berhenti beberapa kali ketika hujan, dan berdasarkan inilah, kalo nanti mau jalan-jalan lagi lebih baik sewa mobil tapi hotel biasa aja, jadi post pengeluaran yang terbanyak dialokasikan ke kendaraan.

Candi Parmbanan

Tiket masuk Candi Prambanan Rp 40.000 untuk dewasa dan Rp 20.000-Rp 30.000 untuk anak (saya lupa tepatnya). Dikarenakan candi Prambanan merupakan salah satu ikon Yogyakarta, tempatnya terasa nyaman, tamannya bersih, kompleks area candi ada banyak banget spot foto yang bagus. Jadi kalo kesini jangan cuma fokus ke candinya aja, nanti dijalan mau keluar area candi banyak juga tempat yang enak untuk foto-foto.

Saya juga sempet ke candi Ratu Boko, tapi ga sempet foto-foto karena batre kamera udah abis dan kita juga sebentar soalnya udah magrib dan jalannya lumayan serem kalo naik motor bawa bayi dengan mengandalkan GPS.

Hari ke Tiga

Hari ketiga ini saya ke hutan pinus mangunan. Hutan yang lagi kekinian di instagram..hehe..
Hari ini saya ga naik motor lagi, saya dan Bapake memutuskan untuk sewa mobil dengan tarif Rp. 325rb/12 jam dan lepas kunci. mengandalkan google maps yang kadang sinyalnya ilang timbul, sampe lah kita di hutan pinus mangunan. Suasananya masih mendung dan agak gerimis, jadi hawanya dingin banget disana. tiket masuknya Rp 2.500/orang dan parkir Rp. 5.000 .

Tidak jauh dari hutan pinus, ada yang namanya rumah hobbit dan seribu batu. Harga tiket masuk dan parkirnya pun juga sama. Dan enaknya lagi harga makanan udah ga ada yang di ketok mahal sama empunya warung, tapi saya ga nyobain rasanya karena uang saya dan Bapake pas-pasan. Kita berdua ga prepare untuk ambil uang dulu di atm karena mikir nanti aja deh deket-deket sana kalo ada ATM baru berenti, dan sepanjang perjalan saya ga nemu atm sama sekali. jadilah kita kelaperan selama disana..

Uta lagi nyusu :)

Hari ke empat

Paginya saya, Bapake dan Uta nyobain gudek mbak Lindu yang lumayan terkenal juga di Yogya selain Gudeg Yu Djum, tempatnya depan hotel (saya lupa namanya) dan segede pos ronda aja, tapi yang beli rame banget. Kalo udah urusan lidah ga mungkin bisa bohong ya walau tempat seadanya. kreceknya juara, dan enak banget. Sayangnya mbak Lindunya udah ga bisa jualan karena umurnya udah sekitar 90 tahunan lebih dan sekarang diterusin oleh keturunannya.

Setelah selesai masak dan nyaring bubur Uta yang makan waktu banget, karena riual pagi ini, kita selalu baru bisa ke tempat wisata sekitar jam 10.00 - jam 11.00 . Makanya satu hari cuma bisa mengunjungi satu tempat wisata, pokoknya itinerary yang udah saya buat sebelumnya berantakan sudah.

Tujuan hari ke empat ini ke Candi Borobudur. Harga tiket untuk dewasa sekitar Rp 40.000 dan untuk anak sekitar Rp 20.000-Rp 30.000. sama kayak di candi Prambanan. Kompleks candi pun juga bagus dan bersih, kebetulan ketika saya sampe udah masuk waktu makan siang Uta, jadi setelah beli tiket dan masuk area kompleksnya, saya kasih makan dulu sebelum masuk ke candi. Kita naik kereta dari pintu masuk tiket ke depan candi borobudurnya, harganya sekitar Rp 7.500 udah dapet air mineral botol yang kecil.

Uta happy banget disana, walaupun hujan tapi memang bagus banget deh, dan karena hujan jadi ga banyak orang yang dateng, hehe,,

Malemnya kita ke Tempo Gelato, tau lah ya tempat makan gelato nya si Cinta AADC ini, dan rasanya enaaaaakkk banget, sukses bikin saya ga bisa move on dari Yogya. harganya Rp. 25.000 untuk yang cone udah dapet dua rasa dalam satu cone. kalo yang harga dimangkuk saya lupa soalnya ga beli..hehe.. Sangking enaknya, saya sampe nambah,,,😁😁

Hari ke lima

Hari terakhir saya disini ga banyak yang dilakuin sih, paling cari oleh-oleh bakpia dan kaos yang saya serahin ke abang becaknya. terserah mau anter kita kemana, yang penting ada tukang bakpia dan kaosnya, hehe.. Kalo untuk kaos yang jual banyak sih di sepanjang jalan Malioboro, dari yang murah Rp 100.000 dapet 5 pcs sampe yang mahal. Oh iya saya juga sempet masuk ke pasar beringharjo, beli daser doank untuk ibu dan ibu mertua. Kalo beli di sini harus ditawar, kalo ga sama mereka dimahalin,hehe,,

Saya juga beli lumpia di sepanjang jalan malioboro ini, tapi saya lupa namanya, lumpianya enaaakkkk bangett,, ini juga bikin saya ga bisa move on dari Yogya. Ada dua macem isi, ada lumpia biasa (ayam& toge) dan lumpia special (ayam, toge, telur) diatasnya dikasih olahan bawang putih + rebung halus kayaknya deh, saya ga tau tapi enak juga.

Setelah itu kita balik ke hotel dan check out, langsung ke bandara deh.
Sebenernya bawa bayi yang masih MPASI dan belum bisa makan table food itu susah-susah gampang, apalagi kalo pergi bertigaan doank tanpa ada yang bantuin. Tapi tergantung orang tuanya juga, kalo dibawa nyaman ya pasti anak juga ikut nyaman, dan kalo dibawa stress anak pun ikut ga nyaman. Dan Alhamdulliah Uta happy aja kita bawa travelling.