Welcome to the world my baby Z - Cerita persalinan

by - November 02, 2017








Sesuai janji saya di post sebelumnya tentang  A BEAUTIFUL PRESENT CALLED PREGNANCY , saya mau cerita tentang proses kelahiran bayi saya Uta. Jadi ketika terakhir cek ke dokter yaitu tanggal 25 Januari 2017 hari Rabu, usia kehamilan saya udah 39 minggu dan dokternya bilang kalo dalam seminggu kedepan belum ada kontraksi, maka akan di rangsang untuk kontraksi dengan cara inkubasi. Nah kalo para emak-emak yang udah pernah lahiran tau donk ya seremnya inkubasi gimana, mau dari cerita atau ngerasain sendiri. Saya pun juga harap-harap cemas pengennya ga mau di inkubasi, soalnya banyak yang saya denger kalo inkubasi itu sakitnya kebangetan dan proses pembukaannya pun tergantung, ada yang lama dan cepet. Sepengalaman kakak ipar saya yang juga diinkubasi dia mentok cuma sampe pembukaan dua dan berujung dengan operasi caesar. 

Mulai dari situlah saya jadi rajin jalan keliling lapangan dan juga ngelakuin yoga hamil dari Youtube, untuk yoga kalo bisa jangan dilakuin sendiri yah, apalagi yang belum pernah yoga sama sekali, kalo saya sebelum hamil saya ikut kelas yoga jadi dasar-dasarnya udah tau walaupun beda gerakan antara yoga hamil dan yoga biasa, tapi seenggaknya saya tau keadaan badan saya dan ga terlalu di forsir. 

Hari Senin subuh tanggal 30 Januari 2017, pas saya ke kamar mandi untuk solat subuh, saya cek keluar darah lumayan banyak karena bukan merupakan flek jadi saya langsung panik donk (pokoknya yang berhubungan darah saya pasti panik) saya kira akan melahirkan pagi itu juga maklum emak baru, tapi ga ada rasa mules cuma darah doank yang keluar. Akhirnya jam 6 pagi saya dan pak suami ke dokter untuk cek, ternyata masih pembukaan dua dan posisi kepala masih jauh dari jaln lahir, jadi disuruh balik lagi kerumah deh.

Hari Selasa tanggal 31 Januari 2017 pagi sekitar jam 7, saya cek lagi kedokter, dan mereka cek masih stuck di pembukaan 2, saya makin harap-harap cemas kalo saya ga bisa lahiran normal 😞😞 , dikarenakan rumah saya dari RS deket banget (RS nya di jalan keluar gang rumah saya), Dokter jaga disana kasih pilihan ke saya mau balik ke rumah aja atau stay di RS, dengan pertimbangan kalo stay di RS katanya diobservasi dan selebihnya nunggu aja sampe pembukaan lengkap. Saya fikir kalo saya masih belom kerasa sakit perut yang intents bahkan bisa dibilang belum sakit perut, dan kalo saya di RS malah saya akan tegang, jadinya saya pilih untuk pulang dan dipesenin sama dokternya "bu, kalo sakitnya udah 5 menit sekali langsung ke RS ya".

Ketika sampe rumah barulah saya ngerasa kontraksi, saya udah minta ke pak suami untuk liatin waktunya, udah tiap 5 menit belum kontraksinya. tapi masih sekitar 10 menit - 15 menit sekali, oh iya saya pada saat itu jalan ditempat loh, bayangin sakit kontraksi terus jalan ditempat, ketika kontraksi dateng saya sampe nunduk-nunduk kesakitan. 
Dipertengahan kesakitan saya itu, pak suami malah asik tidur bukannya liatin waktunya udah kontraksi setiap 5 menit atau belum 😷

Sekitar jam setengah 12 siang saya ngerasa mau BAB, dan ibu saya nyaranin untuk ke RS aja, secara saya belum mandi dari pagi jadi saya niatnya mau mandi dulu, tapi ga bisa mak, soalnya udah kesakitan perutnya nahan perasaan mau BAB. Akhirnya langsung cus naik mobil ke RS, jarak dari rumah ke RS sekitar 300m tapi rasanya kayak lamaaaa banget sampenya. 

Ketika sampe di RS dan dicek pembukaan, ternyata saya udah pembukaan delapan, wow cepet banget. Sampe susternya bilang " ibu kuat banget ya nahan sampe pembukaan 8 dirumah" padahal dalam hati saya "bukannya kuat sus, faktor ga tau dan takut kecewa kalo dicek lagi ternyata masih pembukaan empat". Ketika pembukaan udah sempurna dan dokter pun siap, pak suami pun ada di samping saya, mulailah saya mengejan dan prosedur persalinan lainnya. 

Jam 12.30 Uta lahir dengan selamat..Alhamdulillah..langsung IMD dan proses penjahitan pun dimulai. Nah disini kejadian yang bikin saya lumayn trauma, ternyata setelah setengah penjahitan dan tinggal keluarin ari-ari, disana  ketawan kalo ari-ari Uta nempel. Dokter udah coba beberapa kali narik tetep ga keluar, dan jalan satu-satu nya adalah dikuret. Disitu saya mulai teriak-teriak, saya minta double anastesi soalnya sakit banget dan lebih sakit daripada lahiran itu sendiri.







Tapi pada akhirnya Alhamdulillah ibu dan anak sehat 😇😇

You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...