Help.....Anak Emake sembelit

by - January 11, 2018







Dulu waktu awal MPASI, dede Uta susah banget BAB 😀. Para emak disini juga ngalamin ga sih anaknya susah BAB? setiap mau BAB selalu nangis dan kalo udah ngeden kasian banget deh liatnya. dulu waktu Uta masih ASIX dia BAB setiap sepuluh hari sekali, dan jujur awalnya saya panik banget kok anaknya ga BAB tiap hari, tapi pas cek ke DSA nya Uta, beliau bilang kalo memang bayi ASIX ga BAB tiap hari, karena ASI itu cepet diserap oleh bayi dan hasil pembuangannya ga banyak, jadi paling dibuang lewat pipis atau keringat. Setelah dapet penjelasan gitu saya jadi lega.

Nah ketika udah mulai MPASI, yang mana waktu awal MPASI biasanya menu tunggal dan kebanyakan saya kasih buah, eh ternyata BAB nya juga ga lancar, seharusnya kalo udah MPASI frekuensi BAB nya sehari sekali atau maksimal 2 hari sekali, tapi kok ini seminggu ga BAB juga. Ya udah atas saran ibu saya coba kasih pepaya aja tiap hari, dan saya lakuin apa yang ibu saya saranin. setiap hari menu buahnya harus ada pepaya, ga pernah skip deh. Tapi kok ga ada ngaruh apapun ya ke dia, BAB masih seminggu sekali, dan tiap BAB itu kalo ngeden nangis mulu. Wah menurut saya ini ga bener nih, sampe suatu hari saya udah ga tega ngeliat Uta ngeden mulu setiap saat, tapi ga ada yang keluar dan nangisnya bikin saya sedih juga sambil nyalahin diri sendiri dalam hati. Akhirnya kita ke dokter lagi saat itu juga dan dianjurin dokter untuk banyak minum dan kita di resepin mikolax (iya mikolax yang diiklan itu yang  warna hijau bentuk tube dan dimasukkan lewat bagian belakang, dan awalnya saya fikir bukan untuk bayi).

Setelah berhasil BAB dengan penuh drama, saya juga tetep usaha cari referensi apa yang harus saya lakuin untuk mencegah sembelit. Saya ketemu bebrapa artikel yang saya rasa bisa saya terapin ke Uta. Dan salah satu artikel yang saya baca justru untuk menghindari pepaya, karena sifat pepaya ini bikin perasaan mules (mau BAB) tapi membuat konsistensi BABnya keras. Nah loh..gimane coba..? Jadi intinya sebisa mungkin hindari pepaya karena pepaya itu cocok-cocokan di anak, ada yang pencernaannya jadi bagus, atau malah ada anak yang pencernaannya jadi ga bagus. Ya udah saya coba stop kasih pepaya ke Uta, dan kasih buah pengganti kayak mangga, berbagai jenis berry, buah naga, dan lain-lain selain pepaya, dan juga saya banyakin minum air putih.

Alhamdulillah sekarang Uta udah mulai lancar BAB nya. Jadi saya simpulinnya gini :

Mencegah sembelit berdasarkan pengalaman emak yang galauan mulu:

1. Hindarin makan pepaya atau pisang
2. Banyakin minum air putih
3. Untuk emaknya coba deh makan sayur atau makan makanan yang mengandung serat (karena saya pernah baca sekilas kalau bayi itu ga perlu terlalu banyak makan serat karena makin buat susah BAB, karena mereka butuh lemak untuk proses pembentukan jaringan yang masih belum tumbuh sempurna termasuk jaringan di bagian pencernaannya)
4. Ini bukan sponsor ya, tapi coba deh emaknya minum Yakult, iya yang slogannya ' cintai ususmu, minum yakult tiap hari ' 😎😎😎 Asli ya mak, ini bukan sponsor,hehe..saya ngalamin sendiri kalo saya bandingin ketika saya minum yakult dan ketika enggak, apalagi Uta masih saya kasih ASI, jadi secara ga langsung dia juga dapet nutrisinya juga.


Sekarang anak hepi, emak hepi dan serumah juga jadi hepi..😇😇






You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...