Drama Gerakan Tutup Mulut ( GTM ) Pada anak

by - January 09, 2018




Sebagai emak enggak muda beranak satu, saya lagi bingung nih ngadepin si Uta yang lagi susaaaahh banget makan. Kebetulan saya tau sih penyebabnya karena si bocil ini lagi tumbuh gigi. Ga nanggung-nanggung sekali tumbuh ada 3 gigi. Kalo kemaren-kemaren kan numbuh satu-satu dan dia ga terlalu GTM, makan masih mau walaupun agak rewel aja. Nah sekarang pas numbuhnya sekali tiga ga cuma GTM doang, badannya pun agak panas. 

Jadi emak kudu piye toh lek lek..kalo masukin mainan ke dalem mulut cepet banget mangepnya, giliran dimasukkin nasi mulutnya kayak di gembok.

Berbagai cara saya udah lakuin supaya dia mau makan, dari yang ikutin apa kata mbah google sampe saya sendiri yang esmosi nggak juga mau abisin itu makanan, sampe saya pasrah, ya udah deh kalo emang ga mau. Tipe Uta itu tipe anak yang susah naik berat badannya (turunan emakke), jadi ketika ga GTM aja berat badannya susah naik, apalagi pas GTM, saya rasa timbangannya turun. 

Penyebab GTM

Kalo berdasarkan hasil pencarian saya di mba google, ada beberapa penyebab GTM yang saya rangkum versi saya  :

1. Anak lagi sakit

2. Anak lagi tumbuh gigi

3. Tekstur makanan 
     Biasanya ketika para emak kecepetan menaikkan tekstur atau malah lambat menaikkan tekstur sehingga anak merasa bosan dengan tekstur yang terlalu lembek.

4. Makanan 1 menu
    Tiap hari menunya itu lagi, itu lagi. Bayi itu juga bisa bedain rasa enak dan ga enak loh mak. Mereka itu sama kayak kita orang dewasa yang juga pengen makan makanan enak. Tinggal kita aja para emak yang kreasiin makanan yang tentunya sehat dan memenuhi standar MPASI WHO yaitu menu 4 bintang.

Cara mengatasi GTM

Cara mengatasi GTM versi emak sotoy ini yaitu :

1. Kalo anak udah cranky pas lagi disuapin bahkan sampe nangis, ya udah di stop aja makannya, walaupun makanannya masih banyak. pokoknya prinsip saya harus IKHLAS kalo saya harus ngebuang makanan.

2. Jadwalin makannya. Kalo bisa dicatet (kalo saya enggak,,hehe) jadi biar terjadwal kapan dia harus makan berat atau makan snack. Kalo saya tiap makan ga perlu banyak tapi sering, jadi sehari bisa makan berat empat kali dan makan snack satu sampai dua kali.  

3. Kalo bisa jangan makan lebih dari 30 menit per sesi makan. Saya batesin makan Uta itu maksimal 1 jam dan itu udah paling lama kalau dia emang masih mangep kalo di sodorin makan, tapi kalo belum sejam Uta udah nangis-nangis ya udah saya setop.

4. Naik turunin tekstur. Kadang buburnya saya agak gerus pake grinder setnya Uta, karena walaupun Uta udah bisa makan nasi lembek tapi ketika tumbuh gigi dia suka males ngunyah dan maunya langsung telen aja, tapi saya cuma giling gitu aja makanannya ga saya saring.

5. Kasih jeda antara mimik Susu dengan makan, biar dia ga kenyang sama mimik duluan sebelum makan.

6. Yang pasti si emaknya harus iklas dan hepi, jangan esmosi dan stress. Saya juga masih suka pusing kalo Uta ga mau abisin makannya tapi saya pikir lagi ya udahlah pasrah maunya gimana dia aja. Yang jelas saya pastiin kalo hari ini perutnya udah masuk makanan walaupun nasinya sedikit atau bahkan bukan nasi, tapi snacknya dia atau ASI. pokoknya reminder diri aja deh kalo anak itu ga akan ngebiarin dirinya kelaperan, pasti dia akan minta makan walaupun ga abis.

Semoga drama GTM ini segra berlalu dan Uta makan kayak biasa lagi. Dan untuk para emak disana para pejuang GTM, semoga anaknya cepet buka mulutnya ya untuk disuapin makanan. 



You May Also Like

2 komentar

  1. waah terima kasih bunda informasi dan berbagi pengalamannya. bisa buat jadi pelajaran untuk para ibu2 dan calon ibu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...