Skin Care chit-chat

by - May 16, 2016



Source : Google

Pagi ini tiba-tiba terbersit di pikiran saya tentang skincare, mungkin karena akhir-akhir ini saya males pake skincare kalo malam sampe bikin tidur ga nyenyak dan kebawa mimpi, saya sempet liat di tv kalo salah satu faktor yang membuat tidur nyenyak adalah membersihkan wajah sebelum tidur, padahal kalo pake skincare malam itu penting banget dibandingkan kalo di pake pagi hari. Kenapa? karena malam itu adalah proses dimana kulit wajah saya rileks dan lebih gampang menyerap skincare karena proses regenerasi kulit terjadi di malam hari di setiap 28 hari. nah kalo pagi hari lebih ke pada mempersiapkan muka saya sebelum pake make up. Dulu sebelum nikah, 3 bulan menjelang pernikahan saya rajin banget pake skincare siang dan malem, dan hasilnya memang bagus banget di kulit wajah saya ditambah skincarenya yang lumayan mahal,,hehe,, namanya juga euforia menyambut pernikahan ya, apa aja di lakuin demi terlihat perfect di hari-h. Dibawah ini foto saya sebulan sebelum pernikahan.(numpang narsis). Di foto ini saya ga pake foundie, concealer atau apapun karena saya belum ngerti dunia pergandjenan, saya cuma pake CC Cream Etude house dan bedak Marcks. aahh saya rindu kondisi kulit muka saya yang dulu.
Dan dibawah ini adalah kondisi kulit wajah sekarang.

Jerawat saya tumbuh satu persatu, dan itu cukup bikin stress, ya mungkin kalo di compare foto diatas yang udah saya aplikasikan sedikit make up di bandingkan foto di bawah yang bare face tanpa menggunakan skincare atau make up emang jauh banget keliatan bedanya, tapi yang saya highlight itu adalah munculnya jerawat yang dulu itu di pipi dan alis saya ga ada jerawatnya. Sebenernya ada beberapa faktor yang bikin kulit muka saya jadi begini : 

  1. Kebetulan skin care saya yang saya pake dari sebelum nikah itu abis dan saya ga mampu beli lagi..hiks *efek sok-sokan pake produk yang harganya selangit dan terlanjur cocok .
  2. Saya sedang coba alternative skincare yang ga bikin kantong saya nangis.
  3. Dan yang paling berpengaruh besar yaitu JARANG BERSIHIN MUKA DAN NGGAK PAKE SKINCARE KALO MALAM HARI.
Saya sempet berfikiran untuk kembali lagi pake obat dokter yang prosesnya cepet dan bikin muka jadi putih bening. Tapi kalo saya inget-inget lagi perjuangan saya untuk bisa lepas dari cream dokter itu bener-bener susah, saya jadi berfikir dua kali untuk kembali ke dokter kulit.
Nah yang saya mau angkat di blog saya ini yaitu mengenai skincare over the counter (OTC) atau skincare yang dijual bebas di pasaran dengan skincare dari dokter. Prolognya panjang banget ya, secara sekalian sesi curhat :D
Skincare OTC yang saya maksud yaitu skincare yang sudah teregistrasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan yang mencakup juga kosmetik), kalo yang abal-abal itu saya ga mau bahas soalnya ga ada manfaatnya sama sekali buat saya dan udah jelas-jelas obatnya keras dan mengandung merkuri.





Waktu saya masih awam dunia per skincarean saya masih mikir jenis-jenis skincare OTC ini yang versi di iklan TV aja, kayak biore, ponds, clean n clear dan etc yang harganya di bawah 100 ribu. Jadi di mindset saya kalo skincare OTC itu kurang bagus dan ga ada yang cocok di muka saya. Padahal setelah saya googling dan mulai mengenal dunia pergandjenan, saya shock banget kalo tau harga skincare OTC banyak yang lebih mahal dari pada skincare dokter. *elus jidat dan dompet. oh iya foto diatas cuma contoh ya, bukan sponsor atau apapun,,haha *
emang ada yang mau endorse situ :|

Kelebihan
  • Ga perlu resep dokter untuk beli produknya
  • Ingredient nya lebih aman karena BPOM punya standar untuk setiap komposisi produk OTC.
  • Jika pemakaian di stop, efeknya ga bikin muka tambah parah / break out. Asalkan tetep disiplin untuk membersihkan wajah pagi dan malem.
  • Gampang di dapet
Kekurangan
  • Butuh waktu lama supaya hasilnya terlihat, karena ingredient yang di gunakan masih dalam kadar aman.
  • Beberapa skincare lumayan pricey, tapi itu subjektif ya, karena ada orang yang kulit wajahnya ga bermasalah menggunakan produk skincare OTC apa aja.
Skincare Dokter

Source : Google
Kulit wajah saya waktu SMP penuh jerawat, dan saya sering pake masker kentang yang di parut kalo malem, dan itu bener-bener ampuh banget menghilangkan jerawat dan bekasnya, saya dulu setiap hari di pakein sama ibu saya, jadi saya tukang parut kentangnya ibu saya yang bagian naro kentang parut itu di muka saya *ah saya kangen sama ibu.

Ketika kulit wajah saya udah membaik dan lumayan mulus, saya udah ga melakukan ritual itu, singkat cerita saya dibawa ke dokter muka sama pacar saya yang sekarang jadi suami saya *tsahelah *loh kok suami saya tau-tauan dokter muka ya ? abaikan.
Akhirnya dengan efek yang instant membuat kulit wajah saya jadi bagus, saya pake skincare dokter cukup lama sekitar 7 tahun, sempet gonta – ganti dokter karena udah kebal sama obat dari dokter sebelumnya jadi ga ada efek apa-apa di muka saya, dan sempet jengah juga, karena setiap 2 tahun harus ganti dokter muka.
Kelebihan
  • Hasilnya cepet, 2 minggu udah bikin kulit jadi mulus dan kinclong seketika
  • Jenis perawatannya beragam, dari mulai facial, filler, menghilangkan noda hitam, etc.
Kekurangan
  • Ga suka proses sebelum jadi kinclong (kulit terkelupas dan merah kayak udang rebus).
  • Kalo udah kelamaan pake krim tersebut membuat kulit wajah jadi resisten dan ga akan berefek apa-apa lagi di kulit kita.
  • Kalo krim kita abis dan mau beli, harus konsultasi dulu sama dokter dan biasanya mereka nambahin resep produk baru lagi yang bahkan saya ga tau bedanya sama resep yang pertama itu apa?
  • Jika pemakaian di stop, biasanya muka jadi break out parah dan kalo ga kuat iman bisa balik lagi ke Skincare dokter dan si dokternya cuma bilang “makanya mbak,,jangan ganti-ganti produk skincare, pake produk saya aja “
Sebenernya semua itu balik lagi ke diri masing-masing, lebih prefer yang mana. Saya ga bisa bilang kalo skincare OTC bagus atau jelek dan sebaliknya, karena saya juga udah pernah coba keduanya dan memang ada plus minusnya. Yah kalo harus dipilih bagusan mana pasti susah, ga segampang kayak pilih #teamIronMan atau #teamCaptainAmerica. Kalo saya jelas #timCaptainAmerika karena kesihir otonya mas Chris Evans :*





You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...