BERUSAHA JADI EMAK WARAS

by - November 07, 2018




Bukan..bukan..saya nggak depresi yang mengarah ketidakwarasan kok,, saya cuma mau bilang aja menjaga kewarasan diri itu penting banget untuk kestabilan emosi anak, dan ini berlaku untuk semua ya, mau working mom, entrepreneurmom, atau emak yang seratus persen di rumah.

Kalo saya saat ini masih working mom, walau kepengen juga jadi entrepreneurmom yang kayaknya bisa dapet uang tambahan untuk beli Lipen tanpa minta ke suami, haha. Jadi saya akan sharing ya mungkin akan banyakan kehidupan working mom.

Saya tinggal di rumah bertigaan doank, saya, bapake sama si bocil Uta, tanpa asisten karena kita punya prioritas yang lebih mendesak dibanding harus pake asisten (intinya kagak ada budget untuk bayar asisten). Nah jadi tiap hari si Uta saya titip sama ibu saya, I know I know, some of you pasti akan mengecam saya anak durhaka. Tapi itu balik lagi dengan pertimbangan internal keluarga saya dan atas kemauan ibu saya. Maka dari itu saya sebisa mungkin pastiin untuk semua siap ketika anak saya di titipin ke ibu saya.

Jadi jadwal saya  tuh kalo pagi abis bangun tidur dan solat, saya langsung masak untuk Uta dan bekel saya + suami. Pas malem pulang kalo ga cape masak untuk makan malem atau nyuci baju. Mungkin jadwalnya keliatan simple ya, tapi percayalah kalo in real life ga sesimple itu, soalnya bocah ini sudah naik level jadi toddler Di Usia 21 Bulan dan rempooongnyaa bikin geleng kepala.



Saya lagi enak-enak di dapur tiba-tiba Uta nangis dan minta mimik, apakah sesimple itu? Mimiknya di empeng donk..jadi sebenernya dia udah setengah bangun dan masih males untuk bener-bener melek, jadi maunya ngempeng mimik aja. Kalo saya ganti pake susu botol dia nangis coba. Jadilah saya ga bisa kemana-mana dan waktu masak molor sampe 15 menit. Bayangin dipagi hari yang dikejer-kejer waktu untuk berangkat kerja ada aja drama tiap hari karena si bocah. Terus apakah saya kemudian marah-marah karena Uta kayak gitu, jelas jawabannya NO, walaupun muka saya jutek dan kata adek-adek saya galak, tapi kalo ke Uta saya usahain untuk stay waras dan ga teriak-teriak. Saya pun berusaha untuk meminimalisir kata jangan ke dia dan cari kata penggantinya, yah walaupun susah ya.

Misalkan dia mukul saya atau orang lain yang dirumah, saya selalu bilang, “Uta mukul itu sakit, coba uta yang dipukul sakit ga?” terus dia mukul diri sendiri tapi ga sekenceng kalo dia mukul orang dan dia bilang “atit”, “nah sakit kan? Bunda (atau orang lain yang dipukul) juga sakit, ayo minta maaf ke bunda” terus dia bilang “map (maaf)” baru deh saya apresiasi “ anak pinter, bunda kan sayangnya sama anak pinter” sambil dicium. Apakah dia ga akan mukul-mukul lagi? Ya jelas nggak donk, tapi setiap dia ngelakuin itu akan saya ucapin lagi kata-kata diatas.

Bagi saya, selama anak saya masih dalam tahap wajar dan nggak bahayain diri dia atau orang lain, saya masih selow aja. Kecuali kalo bagi saya udah mengarah ke bahaya saya lebih baik dia nangis dari pada saya yang ngelarang sambil marahin atau teriak-teriak ke dia. Saya selalu tanemin dalam hati, nangisnya anak kecil sebentar kok, tapi kalo saya teriak sambil marahin dia karena suatu hal, itu akan diinget sama anak sampai nanti dan bisa jadi itu akan jadi trauma anak sendiri.

Saya bukan ibu yang penyabar kok, jauh banget malah, tapi saya berusaha untuk tetap waras. Misalkan pulang kerja rumah kotor karena ga dipel, dan banyak semut gara-gara uta paginya numpahin makanan dan di lapnya ga bersih, tapi badan minta langsung tidur, ya udah tidur aja.

Piring dari pagi blm di cuci karena bangun telat atau kelamaan siapin masakan, ya udah besok paginya lagi aja. Tapi Alhamdulillahnya saya punya suami yang bener-bener mau ngebantu saya tanpa saya minta. Jadi biasanya yang urusan beberes rumah dan cuci piring itu tugasnya si ayah, kalo saya tugasnya masak dan cuci baju.

Yang mau saya sampaikan disini adalah anak kamu itu adalah cerminan dari kamu, kalo kamu suka marah atau teriak-teriak didepan anak, bukan ga mungkin anak kamu juga akan berperilaku sama. Untuk itu kewarasan ibu itu bener-bener penting.

Caranya ya bisa aja dengan nonton, tidur, blogwalking, nulis, olahraga, jalan-jalan, yah pokoknya yang bikin seneng untuk melakukannya deh. Sediain waktu me-time kamu sesering mungkin.

You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...